Kamis, 15 September 2011

Tetap Optimis Menghadapi Perubahan
Penulis : Andrie Wongso
Jumat, 13-April-2007
Kemarin, hari Kamis 12 April, saya harus bangun pagi-pagi pukul 04.30 untuk mengejar pesawat pertama pukul 6 menuju Palembang untuk mengisi jadwal seminar di PT Musi Hutan Persada. Padahal, malam sebelumnya saya bekerja sampai dini hari dan sehari sebelumnya berada di Manado, mengisi seminar untuk BRI kanwil Manado.

Berangkat dengan pesawat GA 110, ketika hendak mendarat di bandara Sutan Mahmud Badaruddin Palembang sekitar pukul 7, tiba-tiba sebuah pengumuman dari pilot mengatakan bahwa pesawat tak bisa mendarat karena cuaca berkabut. Untuk itu, diputuskan pesawat berputar-putar di udara sambil menunggu hilangnya kabut. Seluruh penumpang terdiam dan suasana berubah tegang. Saya pun merasakan ketegangan itu, tetapi lebih karena memikirkan tanggung jawab saya kepada orang banyak yang menunggu untuk mengikuti seminar.

Rupanya, menara di bandara tak mengijinkan pilot mendarat dan pesawat pun terpaksa kembali diterbangkan ke Jakarta. Setibanya di Jakarta, Kami dipersilakan menunggu hingga ada pengumuman kepastian, kapan akan berangkat kembali. Ada sejumlah komentar yang mengiringi kami sewaktu seluruh penumpang berada di ruang tunggu. Ada yang mengeluh, ada yang menggerutu, ada yang membicarakan masalah keselamatan penerbangan, ada yang kecewa, ada yang kemudian memilih terbang dengan maskapai lain, namun ada pula yang hanya duduk termenung, entah apa yang dipikirkan.

Saya sendiri memilih untuk tetap menunggu. Meski saya tahu, jadwal mengisi seminar pasti terlambat! Karena seharusnya pukul 10 pagi adalah waktu yang dijanjijkan dimulainya acara seminar, apalagi tempat penyelenggaraan di Prabumulih yang memerlukan waktu 1,5 - 2jam untuk tiba di sana. Segera saya mengontak panitia acara dan menceritakan kejadian tersebut. Walau dengan perasaan kurang nyaman, tetapi sungguh melegakan jawaban panitia, bahwa mereka akan menunggu kedatangan saya sampai kapanpun. (Tentu, mereka juga tegang kalau saja saya tidak jadi datang).

Setelah beberapa saat menunggu, sebuah kabar gembira terdengar dari corong pengumuman. Pesawat akan segera diberangkatkan kembali karena cuaca di Palembang sudah normal.
Pukul 10 lebih sedikit, saya akhirnya menjejakkan kaki ke kota empek-empek. Nampak wajah kegirangan dari panitia yang menjemput saya. Kami pun segera berangkat ke kota Prabu Mulih, tempat diselenggarakannya acara. Tiba di sana sekitar jam 12, setelah beristirahat sejenak sambil menikmati makan siang, sekitar pukul 1 siang saya pun tampil, mengobarkan semangat audiens yang sudah cukup lama menunggu. Sambutan dan antusiasme audiens yang mendengarkan seminar saya membuat perjalanan panjang saya hari itu, tak menyisakan rasa lelah sedikitpun.

Uncertainty is a part of reality
Perjalanan saya kali ini menguatkan fenomena bahwa tak ada yang pasti di dunia ini, selalu dalam keadaan berubah. Apa-apa yang sudah kita siapkan, bisa saja ada faktor lain yang membuatnya tidak seperti yang direncanakan. Seperti yang pernah diucapkan seorang ilmuwan besar Albert Einstein, yakni ”Uncertainty is a part of reality”, ketidakpastian adalah bagian dari kenyataan.

Saya sendiri sudah kesekian kalinya mengalami perubahan-perubahan di luar yang telah saya rencanakan. Dengan bekal pengalaman itu, saya selalu memilih untuk berpikir positif! Sebab, munculnya emosi dan kemarahan karena perubahan yang tidak sesuai dengan selera kita, tak akan menyelesaikan masalah. Justru dengan pikiran yang tenang, dengan tetap mempunyai tujuan yang kuat, disertai rasa syukur yang mendalam, kita akan lebih dapat menikmati apapun yang terjadi di luar kehendak kita. Pada akhirnya, seperti kejadian kemarin, saya telah sampai pada tujuan dengan selamat. Selain itu, saya juga mendapatkan kelebihan, yakni bertambah pengalaman yang memperkaya mental sebagai bekal kehidupan.

Karena itu, dalam perjuangan mengarungi kehidupan, jika ada rintangan atau perubahan, tak perlu disikapi dengan berkeluh kesah. Dengan berpikir positif, sabar, optimis dan aktif, memungkinkan kita dapat mempertahankan diri dalam menghadapi setiap perubahan yang terjadi dan keluar sebagai pemenang! Luar Biasa!